DESA WARNASARI WAKILI BALI di LOMBA DESA CANTIK TAHUN 2023

  • Sep 13, 2023
  • Admin Warnasari

Warnasari - Pemerintah desa/kelurahan adalah penyelenggara kegiatan statistik di wilayahnya masing-masing. Hal tersebut tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI). 

Dengan peran itu, desa/kelurahan  sebagai satuan wilayah terkecil menjadi sangat penting. Karena desa tidak lagi menjadi objek pembangunan, melainkan sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan.

Sehingga diperlukan penguatan tata kelola pemerintahan desa, termasuk dalam hal pengelolaan data statistik untuk program pembangunan wilayah. Guna mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan.

Menyadari pentingnya peran desa dalam pengelolaan dan pengembangan literasi statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jembrana melaksanakan Program Pembinaan Desa Cinta Statistik (Cantik)

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPS Provinsi Bali Endang Retno.,S.S.,S.Si.,M.M, Bupati Jembrana I Nengah Tamba.,S.H.

 

Laporan Kegiatan disampaikan oleh Kepala BPS Kabupaten Jembrana Rocky Gunung H.,S.E.,M.E . Beliau menyampaikan terkait Penjelasan Umum terkait Desa Cantik yakni Desa tidak lagi dianggap sebagai obyek pembangunan, melainkan ditempatkan sebagai subyek dan ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Desa Cantik ini bertujuan untuk Meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

 

Selanjutnya, dilanjutkan sambutan Kepala BPS Provinsi Bali Endang Retno.,S.S.,S.Si.,M.M,  Beliau menyampaikan bahwa salah satu bentuk peningkatan literasi SNPSI adalah memberikan pembinaan statistik bagi penyelenggara statistik dan program Reformasi Birokrasi BPS yang salah satunya ada Pembinaan Desa Cantik. Desa Cinta Statistik adalah sebuah desa yang mampu melakukan pengelolaan dan pemanfaatan data statistik yang digunakan untuk mendukung pembangunan desa menjadi lebih baik.

 

Setelah itu, Sambutan dari Bupati Jembrana I Nengah Tamba.,S.H. yang mengapresiasi Desa Warnasari terpilihnya menjadi salah satu Desa Cantik. Bagi Bupati, dengan adanya desa cantik ini sangat besar manfaatnya, karena bisa melakukan pemetaan atas potensi apa saja yang dimiliki oleh desa.

 

Bupati Jembrana meminta untuk memetakan desa/kelurahan yang dapat diusulkan menjadi Desa Cantik utamanya yang telah memiliki infrastruktur lebih lengkap agar potensi desa dapat diukur dan memberikan kebijakan yang semakin terarah.

 

Setelah sambutan bupati kemudian melakukan Kick Off yang ditandai dengan Penanda Tanganan Piagam Oleh Bupati Jembrana didampingi oleh pejabat yang hadir.

Penanda tanganan piagam menjadi simbol komitmen bapak bupati dalam mensukseskan program Desa Cantik.