LINMAS
PROFIL LINMAS DESA WARNASARI
Pengertian
Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.
Pengertian satuan perlindungan berdasarkan Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 memiliki beberapa unsur kata, yaitu :
- Warga masyarakat
- Yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan
- Penanganan Bencana dan mengurangi/memperkecil resiko bencana
- Ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat
- Ikut dalam kegiatan sosial masyarakat.
Fungsi Linmas
Dalam rangka mengefektikan Kinerja dari organisasi Perlindungan Masyarakat di Desa Warnasari, Keanggotaan Linmas Desa Warnasari mempunyai Fungsi :
1. Melaksanakan kegiatan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat demi terjaminnya KAMTIBNAS.
2. Melaksanakan tugas yang diperintahkan oleh atasan .
3. Melaksanakan pembantuan dalam tejadinya bencana.
Masa Bhakti dari Linmas adalah 5 ( lima ) Tahun dan dapat dipilih kembali pada periode berikutnya
Tugas Linmas
a) Mengumpulkan dan menganalisa data dan informasi satuan perlindungan.
b) Masyarakat serta pengamanan swakarsa.
c) Menyusun prosedur tetap, petunjuk teknis dan pelaksanaan satuan perlindungan masyarakat serta pengamanan swakarsa.
d) Mengidentifikasi dan menyusun usulan sarana prasarana satuan perlindungan masyarakat dan pengamanan swakarsa.
e) Menyusun kebutuhan satuan perlindungan masyarakat yang bertugas di TPS dan teknis pelaksanaan pembekalan pada pemilu.
f) Menyiapkan satuan perlindungan masyarakat dalam rangka mendukung pengamanan penyelenggaraan pemilu.
g) Menyiapkan dan melakukan kesiapsiagaan satuan perlindungan masyarakat untuk penugasan, pencarian, pertolongan dan penyelamatan korban bencana;
h) Mengkoordinasikan dan bekerjasama dengan instansi terkait dalam pengembangan satuan perlindungan masyarakat.
i) Membuka pos pantau bencana sebagai media informasi satuan perlindungan masyarakat.
j) Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Kepala Bidang.
Susunan Kepengurusan Perlindungan Masyarakat (LINMAS)
Berikut susunan Kepengurusan Perlindungan Masyarakat ( LINMAS) di Desa Warnasari ;
NO | PROVINSI | KABUPATEN | KECAMATAN | DESA | BANJAR | NAMA SATLINMAS | NOMOR TELEPON SATLINMAS |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
1 | BALI | JEMBRANA | MELAYA | WARNASARI | WARNASARI KELOD | I PUTU SADA | 087 815 192 258 |
2 | I PUTU SUARNA | 081 936 464 873 | |||||
3 | I GEDE DARMA YASA | 081 805 551 782 | |||||
4 | I GEDE DANA | ||||||
5 | I KETUT YUDI ARMAWAN | 087 862 807 422 | |||||
6 | I GUSTI KOMANG WIARDEN | ||||||
7 | I GEDE SARJANA | 081 936 063 753 | |||||
8 | I PUTU JUNIARSA | ||||||
9 | I NENGAH LOTRO | ||||||
10 | I PUTU EKA ARTAWAN | 087 860 588 078 | |||||
11 | WARNASARI KAJA | I PUTU WESTRA | 087 759 705 041 | ||||
12 | I GEDE LEDANG | 087 755 39 878 | |||||
13 | I MADE WILANTARA | 081916 515 859 | |||||
14 | I KADE SUARDANA | 087 845 208 508 | |||||
15 | I WAYAN GINDRA | ||||||
16 | I NENGAH SUKI | ||||||
17 | I MADE LATRA | ||||||
18 | I KADE SURYADI | 087 861 579 177 | |||||
19 | PUCAKSARI | I KADEK YUS ARSANA | 081 803 684 766 | ||||
20 | I GEDE ARTA YASA | 087 761 588 055 | |||||
21 | I MADE SUKLA ARNALA | 085 954 177 117 | |||||
22 | I KETUT ARI ARDANA | 087 755 379 854 | |||||
23 | I MADE PANDE | 085 955 379 854 | |||||
24 | I PUTU ASTAWA | 087 851 012 435 | |||||
25 | I MADE BAWA | 085 847 903 088 | |||||
26 | I KADEK WINARTA | 087 750 061 387 | |||||
27 | I PUTU DARMA |