PENDATAAN DAN PEMKTAHIRAN DATA SDGs DESA TAHUN 2023

  • Mar 17, 2023
  • Admin Warnasari

Pemerintah Desa Warnasari Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana menggelar bimbingan teknis pemutakhiran data SDGs Tahun 2023, Kamis (16/3/23) bertempat di Ruang Rapat Kantor Desa Warnasari.

Sebagaimana diketahui SDGs Desa atau Sustainable Development Goals adalah tujuan pembangunan yang ingin dicapai secara berkesinambungan bagi desa. Diantaranya melakukan pemutakhiran data Indek Desa Membangun (IDM) yang lebih detail lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak.Bimbingan teknis (Bimtek) tahun 2023 ini melibatkan unsur Pemerintah Desa dan BPD serta operator SDGs Desa didampingi pendamping desa.

Pemutakhiran ini sebagai tindak lanjut dan kesinambungan program dari tahun sebelumnya yang pada tahun 2022 pendataan SDGs belum maksimal. Hal ini diakibatkan kapasitas server kurang memadai untuk mengelola sekian banyak Gigabyte data sehingga akhirnya ada update bahwa inputnya dialihkan melalui dashboard pada saat pemutakhiran data SDGs di tahun 2022.

Dalam kegiatan Pemutakhhiran ini kegiatan yang dilaksanakan masih sama yaitu perbaikan untuk memutakhirkan data Indeks Desa Membangun (IDM). Adanya pemutakhiran data desa ini nantinya akan menentukan status suatu desa. Status tersebut meliputi desa tertinggal, desa berkembang, atau desa mandiri. Jadi, data harus berdasarkan keadaan yang sebenar-benarnya. Terdapat 3 jenis pendataan dalam bentuk kuisioner yang tersedia dalam aplikasi SDGs. Jenis pendataan tersebut yaitu: Pendataan kuisioner desa Pendataan kuisioner rukun warga Pendataan kuisioner ditingkat keluarga.